Rabu, 22 Oktober 2014

Teknik Mesin merupakan suatu arti bahasa dari Mechanical Engineering. mechanical sebenarnya bukan berarti mesin, melainkan mekanik (yang berhubungan dengan gaya dan gerak), sedangkan Engineering artinya rekayasa. Sehingga jurusan Teknik Mesin adalah sebuah cabang ilmu yang merekayasa gaya dan gerakan. Insinyur Teknik Mesin harus menguasai Statika, Kinematika, dan Dinamika yang merupakan basic ilmu mekanika. Kombinasi dari Gaya dan Gerak bisa dilihat dari gambar dibawah ini.
Apa yang dipelajari di Teknik Mesin
Apa yang dipelajari di Teknik Mesin
Mekanika pun berbicara tentang Mekanika pada benda padat (Solid Mekanik) dan Fluid Mekanik. Di jurusan ini akan belajar tentang mekanika Teknik, Mekanika Fluida, Getaran, Elemen Mesin, dan lai-lain.

Sumber: Tentang Teknik Mesin 



Setelah mengetahui basic dari Mekanika dan Elemen yang mensupportnya, dipelajari juga tentang bagaimana mendesain suatu mesin (bukan Engine). Mesin dan Engine adalah dua hal berbeda, perbedaannya bisa dilihat di postingan ini
Spesifikasi Bidang keahlian apa saja sih yang dipelajari di Teknik Mesin?
Terdapat 3 bidang keahlian pada jurusan Teknik Mesin, yaitu Perancangan, Produksi, dan Konversi Energi. Bidang keahlian perancangan merupakan bidang keahlian yang bertujuan untuk mendesain suatu sistem agar kuat secara mekanik dan bisa bergerak sesuai mekanisme yang diinginkan.
Bidang keahlian Produksi menitikberatkan pada kemampuan untuk memproduksi suatu barang yang telah didesain.
Sedangkan bidang keahlian Konversi Energi menitikberatkan pada bagaimana mesin-mesin konversi energi yang bisa merubah energi dari satu bentuk ke bentuk yang lain, atau bagaimana memahami fenomena mesin-mesin yang berhubungan dengan Fluida.
Bagaimana Prospek Kerjanya?
Jangan ditanya deh prospek Kerja lulusan Teknik Mesin, insya Allah Cerah, tapi ada syaratnya. Syaratnya kita harus memiliki kompetensi yang mumpun di bidang kita, tidak boleh kita mengandalkan nilai saja tanpa memiliki skill yang mumpuni. Banyak sekali mahasiswa teknik mesin yang berorientasi pada IPK. Itu tidak salah, namun juga tidak sepenuhnya benar karena ada sesuatu yang ditinggalkan, yaitu Kompetensi.
Prospek kerja di jurusan Teknik Mesin cukup luas. Bisa ke Indutri Minyak dan Gas, Industri Otomotif, Sistem Pembangkit, Kementrian BUMN, Kementrian ESDM, bisa juga bekerja di EPC COmpany (Engineering Procurement and Construction), dan berbagai cabang industri lainnya.

Teknik Mesin

Keunggulan:
Lulusan program studi ini memiliki kemampuan merekayasa mesin modern, produksi dan pemeliharaan mesin yang sangat banyak digunakan untuk kepentingan industri.

Prospek Karir:
Peluang kerja lulusan sangat besar antara lain bekerja di instansi pemerintah (Bappeda, Bappenas, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, Deperindag, Dephub), industri mesin, industri kimia, jasa konstruksi mesin, konsultan teknik, peneliti, dan tenaga pengajar di perguruan tinggi.

Sumber: Keunggulan Teknik Mesin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar