Rabu, 22 Oktober 2014

Universitas Muhammadiyah Malang 

 

 

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Jawa Timur yang mendapat peringkat A akreditasi institusi dari Badan Akreditasi Nasional. Yang mendapat peringkat akreditas A ada 8 Perguruan Tinggi di Indonesia, 3 diantaranya Perguruan Tinggi Swasta yaitu, UII (Universitas Islam Indonesia), UMM (Universitas Muhammadiyah Malang), dan UMY (Universitas Muhammadiyah yogyakarta. Kini telah tersedia tiga kampus yang dimiliki oleh Universitas Muhammadiyah Malang:
1. Kampus I di Jalan Bandung,
2. Kampus II di Jalan Bendungan Sutami, dan
3. Kampus III di Jalan Raya Tlogo Mas.
Mahasiswa UMM sendiri berasal dari seluruh penjuru Indonesia dan ada juga dari luar negeri khususnya berasal dari asia. Seperti dari Thailand yang saya temui beberapa hari yang lalu saat Pesmaba. Awalnya saya berfikir sebagian besar mahasiswa UMM ini berasal dari pulau jawa, namun dugaan saya ternyata salah. Di UMM ini semua orang dari sabang sampai merauke semuanya ada, apalagi yang dari kepulauan terbesar di Indonesia. Ya, berasal dari pulau Kalimantan, seperti asal saya yang dari kalimantan. Disini banyak sekali mahasiswa yang berasal dari Kalimantan, ibarat “Kalimantan Mini” hahaha. Tapi yang berasal dari luar Kalimantan dan yang berasal dari pulau Jawa pun banyak, gak kalah banyak dengan mahasiswa yang berasal dari Kalimantan.
UMM ini dikenal dengan Kampus Putih Jas Merah. Kenapa? Denger-denger katanya itu karena hampir semua gedung di UMM ini warnanya putih dan warna almamaternya warna merah. Tapi ya kalau dilihat-lihat sih emang bener hampir semua gedung di UMM warnanya putih.


Program-program yang ada disini juga gak kalah menarik lho. Contohnya yang wajib diikuti oleh seluruh MABA (Mahasiswa Baru) adalah P2KK (Program Pembentukan Kepribadian dan Kepemimpinan) . Disini asik banget, pengalaman yang luar biasa banget. Kebetulan saya angkatan pertama tahun 2013 jadi temen-temen di P2KK ini adalah temen pertama di UMM dan di Malang. Banyak kenangannya mulai dari kerja kelompok sampai kelakuan-kelakuan yang unik dari temen-temen. Bisa dibilang P2KK ini program yang paling seru dan paling menyenangkan. Karena disini kita ditantang untuk belajar memimpin dan belajar untuk dipimpin, terus kita juga dituntut untuk disiplin, banyak banget deh pokoknya yang bisa diambil dari P2KK ini. Dan yang paling diingat disini adalah bisa juara Yel-Yel. Keliatannya emang biasa aja, tapi kenapa itu bisa menjadi luar biasa? Kalau menurut saya sendiri, itu karena kelas saya (kelas Ibnu Khaldun) latihan atau biasa dibilang gladi bersih hanya beberapa kali saja (mungkin hanya 3 kali) dan saat latihan itu pun bisa dibilang hanya sekali seriusnya haha. Tapi kenapa bisa menang? Karena 1 hal, yaitu kekompakan dari temen-temen dan kita percaya diri walaupun pada saat itu kita melihat kelas-kelas lain gak kalah kreatifnya membuat yel-yel hehehe :’)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar